Pelatihan Petugas Susenas Maret 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Pekalongan waktu layanan Senin - Jum'at (sesuai hari kerja) : 08.00 - 15.30 WIB || Sistem Layanan WhatsApp BPS Kota Pekalongan (SYAWALAN) 082325817577

Pelatihan Petugas Susenas Maret 2021

Pelatihan Petugas Susenas Maret 2021

17 Februari 2021 | Kegiatan Statistik


Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan mengadakan pelatihan petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2021 secara online dengan menggunakan  zoom meeting. Untuk mencegah terjadinya penularan rantai covid-19 maka pelatihan diselenggarakan secara online.  Pelatihan ini diselenggarakan dalam 2 gelombang, yaitu gelombang 1 tanggal 17-19 Februari 2021 dan gelombang ke 2 pada tanggal 22-24 Februari 2021. Instruktur Nasional dari Pelatihan Susenas ini adalah Nur Saidah SST., SE., M.Si, Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kota Pekalongan.  Pelatihan ini diikuti sejumlah 50 petugas yang terdiri dari 17 PML dan 33 PCL. Ketujuh belas PML tersebut antara lain dari 14 organik BPS dan 3 Mitra BPS, sedangkan 33 PCL semuanya dari mitra BPS.
Kepala BPS Kota Pekalongan, Drs. Rahyudin M.Si dalam pembukaan pelatihan menjelaskan pentingnya data Susenas. Dengan semakin banyak pengguna data susenas, manjadikan tantangan untuk pelaksanaan Susenas Maret 2021. Para peserta pelatihan yang nantinya akan bertugas di lapangan tentu berperan penting dalam menghasilkan data Susenas yang berkualitas.
Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) menjadi penting dilakukan, karena menjadi salah satu sumber data sosial ekonomi yang dipergunakan untuk banyak kepentingan. Perencanaan dan evaluasi program pembangunan nasional, melalui kebijakan Kementerian/ Lembaga menggantungkan informasi dari hasil Susenas. Tiga dari empat target pembangunan nasional, yaitu kemiskinan, gini ratio, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menggunakan data Susenas. Untuk memenuhi evaluasi atas capaian indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Indikator RPJMN/D dan Nawacita juga didukung oleh data hasil Susenas. Terkait dengan penyediaan indikator TPB, sebanyak 55 dari 136 indikator TPB Indonesia yang dihasilkan oleh BPS berasal dari Susenas. Masih banyak lagi pemanfaatan data Susenas di mana BPS turut serta dalam tim, antara lain penyusunan Indeks Pembangunan Pemuda, Indeks Pembangunan Kebudayaan, Penyusunan Voluntary National Report SDGs, Indeks Capaian Revolusi Mental, Indeks Perlindungan Anak, Indeks Perlindungan Hak Anak, dan Indeks Perlindungan Khusus Anak.

Pelatihan Petugas merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian kegiatan Susenas Maret 2021. Pada pelatihan ini diharapkan tercapai kesepahaman konsep dan definisi atas variabel-variabel yang akan dikumpulkan dalam Susenas Maret 2021. Pemahaman konsep yang kuat di setiap level mulai dari Intama, Innas, hingga petugas sangat penting untuk menghasilkan data yang berkualitas. Dalam pelatihan ini, Innas tidak hanya akan memberikan materi terkait konsep dan definisi. Materi mengenai SOP pengumpulan data, pengawasan pelaksanaan kegiatan di lapangan, serta pemeriksaan isian dokumen hasil pencacahan juga akan disampaikan oleh para Innas dalam pelatihan selama 3 (tiga) hari ke depan. Kepala BPS Kota Pekalongan juga menjelaskan peran petugas pencacah dan pengawas. Selain aspek teknis petugas juga perlu mengembangkan komunikasi efektif dalam menggali jawaban dari responden atau probing.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan (Statistics of Pekalongan Municipality)Jl. Singosari Kota Pekalongan 51111

Telp (0285) 423504 Faks (0285) 4420122

Mailbox : bps3375@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik