Nobar Pelatihan Calon Petugas Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga Triwulanan (SKKRT) - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Pekalongan waktu layanan Senin - Jum'at (sesuai hari kerja) : 08.00 - 15.30 WIB || Sistem Layanan WhatsApp BPS Kota Pekalongan (SYAWALAN) 082325817577

Nobar Pelatihan Calon Petugas Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga Triwulanan (SKKRT)

Nobar Pelatihan Calon Petugas Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga Triwulanan (SKKRT)

17 Maret 2021 | Kegiatan Statistik



Belum selesai pelaksanaan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2021, BPS Kembali melaksanakan Survei Konsumsi Rumah Tangga Triwulan tahun 2021. Survei ini dilaksanakan mengingat rumah tangga merupakan konsumen terbesar dalam perekonomian Indonesia dan adanya kebutuhan untuk mengestimasi besarnya Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) secara triwulan. Angka PKRT akan dirilis setiap triwulannya, namun sementara ini baru mengestimasi angka PKRT di tingkat Indonesia dan Provinsi.

Pelaksanaan SKKRT Tahun 2021 tidak berbeda dengan tahun 2020. SKKRT dilaksanakan secara triwulan yakni pada Triwulan I (22 Maret-8 April 2021),  Triwulan 2 (21 Juni-1 Juli 2021), Triwulan 3 (20 September-1 Oktober 2021), dan Triwulan 4 (1-14 Desember 2021) dengan responden yang sama dengan tahun 2020 hanya ada 8 responden yang baru sebagai bentuk penyegaran responden. Pemilihan responden dilakukan secara purposive dengan mempertimbangkan besarnya pendapatan yang diterima secara rutin oleh rumah tangga.

Dengan komitmen untuk tetap menjaga kualitas data yang dihasilkan dari kegiatan SKKRT terlebih pelaksanaannya yang dilakukan secara triwulan maka pelatihan petugas tetap dilaksanakan di tengah belum berakhir pandemic Covid-19. Pelatihan petugas SKKRT tahun 2021 sangat berbeda dengan pelatihan petugas SKKRT tahun 2020. Selain dilaksanakan secara daring, pelatihan ini juga dilaksanakan secara serempak di seluruh BPS Provinsi Jawa Tengah dengan instruktur nasional dari BPS RI. Pelatihan Petugas SKKRT BPS Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 berlangsung cara daring pada tanggal 17 Maret 2021 yang diikuti oleh 35 Kabupaten/Kota dan terbagi menjadi lima kelas. Setiap kelas terdiri dari 31 peserta dengan lima Instruktur nasional dan administrator zoom meeting.

BPS Kota Pekalongan berinisiatif mengikuti daring pelatihan petugas SKKRT secara bersama-sama. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan gangguan teknis selama pelatihan dan dapat langsung berdiskusi jika masih ada calon petugas yang belum jelas terkait pemaparan yang disampaikan oleh Innasnya. Mengingat selain zoom meeting, pelatihan juga menggunakan fasilitas e-learning.bps.go.id. Nobar yang dilaksanakan BPS Kota Pekalongan tetap memperhatikan protokol Kesehatan sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19. Calon petugas SKKRT BPS Kota Pekalongan bergabung dengan calon petugas SKKRT BPS Kota yang lain di Jawa Tengah di tambah BPS Kabupaten Brebes serta perwakilan dari BPS Provinsi dengan instruktur nasional Fatma Yuliana, S.ST, Staf Seksi Neraca Luar Negeri Subdirektorat Neraca Modal dan Luar Negeri BPS RI. Nobar dilaksanakan di ruang PST (Pelayanan Statistik Terpadu) dari pukul 8 s.d 13.00 WIB. Pelatihan berjalan dengan lancar yang terlihat dari nilai pendalaman calon petugas SKKRT BPS Kota pekalongan lebih baik dari nilai pretest sebelumnya. Semoga nilai tersebut akan diikuti dengan meningkatnya kualitas data SKKRT BPS Kota Pekalongan Tahun 2021. Amien (AM). 
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan (Statistics of Pekalongan Municipality)Jl. Singosari Kota Pekalongan 51111

Telp (0285) 423504 Faks (0285) 4420122

Mailbox : bps3375@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik