Pelatihan Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumah Tangga (SKTIR) - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Pekalongan waktu layanan Senin - Jum'at (sesuai hari kerja) : 08.00 - 15.30 WIB || Sistem Layanan WhatsApp BPS Kota Pekalongan (SYAWALAN) 082325817577

Pelatihan Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumah Tangga (SKTIR)

Pelatihan Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumah Tangga (SKTIR)

24 Mei 2021 | Kegiatan Statistik


BPS Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan pelatihan Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumah Tangga (SKTIR) dengan responden rumah tangga pada tanggal 24 – 25 Mei 2021 yang masih kental dengan suasana lebaran. Pelatihan SKTIR terbagi menjadi tiga kelas dengan Instruktur Nasional langsung dari BPS RI.

BPS Kota Pekalongan tergabung dalam kelas SKTIR 3 bersama 5 BPS Kota yang lain ditambah 4 BPS Kabupaten. Instruktur Nasional yang mengajar adalah Aisah, S.ST, M.P.P yang bertugas di seksi Neraca Luar Negeri BPS RI.

Mengapa begitu banyak survei yang respondennya rumah tangga? Apakah masih belum cukup semua kebutuhan data rumah tangga diperoleh di SUSENAS atau SKKRT? Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi maka data yang diperoleh dari SUSENAS dan SKKRT masih belum cukup menggali kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh rumah tangga. Oleh karena itu, perlu dilakukan survei tambahan seperti SKTIR untuk mendapatkan data tersebut.

Nah, ternyata banyak sekali data yang bisa digali dari responden rumah tangga. Hal itu tidak lepas dari besarnya peranan rumah tangga dalam perekonomian di tingkat nasional, Provinsi Jawa Tengah maupun Kota Pekalongan. Peran rumah tangga baik sebagai penyedia faktor produksi maupun konsumen terbesar atas barang dan jasa yang tersedia di dalam suatu perekonomian.

Pendataan lapangan kegiatan SKTIR akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Perlu persiapan yang cukup matang terutama terkait pemahaman konsep dan definisi kegiatan survei SKTIR yang mengacu pada konsep dan definisi SNA 2018.

Diharapkan dengan petugas telah menguasai konsep dan definisi kegiatan SKTIR maka dalam mengajukan pertanyaan ke responden bisa lebih mengena. Selain itu, diharapkan juga petugas bisa lebih terasah kemampuan probingnya dalam menggali pertanyaan ke responden.

Mengingat pentingnya data yang diperoleh dari kegiatan SKTIR dalam perumusan perekonomian suatu wilayah maka mohon kesediaan sahabat data yang terpilih sebagai responden dapat menerima petugas kami dengan baik dan dapat memberikan jawaban sejujur-jujurnya kepada petugas kami.

AM
#bpskotapekalongan
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan (Statistics of Pekalongan Municipality)Jl. Singosari Kota Pekalongan 51111

Telp (0285) 423504 Faks (0285) 4420122

Mailbox : bps3375@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik