SKKRT Triwulan 2 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Pekalongan waktu layanan Senin - Jum'at (sesuai hari kerja) : 08.00 - 15.30 WIB || Sistem Layanan WhatsApp BPS Kota Pekalongan (SYAWALAN) 082325817577

SKKRT Triwulan 2

SKKRT Triwulan 2

27 Juni 2022 | Kegiatan Statistik


Rumah Tangga merupakan konsumen terbesar dalam perekonomian Indonesia. Konsumsi rumah tangga menyumbang lebih dari separuh dalam kue ekonomi Indonesia yaitu 54,42% pada tahun 2021. Konsumsi rumah tangga juga menjadi salah satu komponen penyusun PDB menurut Pengeluaran atau lebih sering kita sebut dengan istilah PKRT (Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga). PKRT dirilis secara triwulanan, dan membutuhkan indikator untuk mengestimasinya. Dikarenakan tidak tersedia indikator untuk mengestimasi PKRT triwulanan maka dilaksanakanlah SKKRT (Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga) Triwulanan.

SKKRT ini dilaksanakan setiap triwulan pada bulan April, Juni, September dan Desember Tahun 2022. Saat ini pelaksanaan SKKRT sudah memasuki triwulan 2. Survei ini bertujuan untuk mengetahui nilai dan pola pengeluaran konsumsi rumah tangga triwulanan, mendapatkan gambaran pengeluaran konsumsi rumah tangga menurut karakteristik rumah tangga, memperoleh indikator pendukung konsumsi triwulanan.

Jumlah sampel survei ini sejumlah 30 rumah tangga yang diambil secara acak menggunakan list frame Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret 2022.
Karena konsumsi rumah tangga memiliki porsi yang cukup besar sehingga aktivitas ekonominya perlu dihitung dan terlebih penting lagi muara dari pendataan ini adalah untuk penghitungan Produk Domestik Regional Bruto Kota Pekalongan dari sisi pengeluaran.

Mari kita bersama sukseskan pendataan SKKRT Tahun 2022 dengan menerima kedatangan petugas kami dan menjawab pertanyaan kami pada setiap periode pendataannya.

-DTP-
#DataMencerdaskanBangsa
#PDRBKotaPekalongan
#PertumbuhanEkonomiKotaPekalongan
#bpspklkota
#bps3375
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan (Statistics of Pekalongan Municipality)Jl. Singosari Kota Pekalongan 51111

Telp (0285) 423504 Faks (0285) 4420122

Mailbox : bps3375@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik