FGD STANDAR DATA STATISTIK - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Pekalongan waktu layanan Senin - Jum'at (sesuai hari kerja) : 08.00 - 15.30 WIB || Sistem Layanan WhatsApp BPS Kota Pekalongan (SYAWALAN) 082325817577

FGD STANDAR DATA STATISTIK

FGD STANDAR DATA STATISTIK

7 Mei 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


“PENINGKATAN KOLABORASI DALAM PERWUJUDAN SATU DATA INDONESIA (SDI) KOTA PEKALONGAN”

 

Acara FGD SDS Metadata, dan Rekomendasi Statistik yang dilaksanakan Selasa, 7 Mei 2024 di ruang Buketan dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Bapak Soesilo, SH.  Kegiatan FGD merupakan rangkaian kegiatan pembinaan statistik yang diselenggarakan dengan kolaborasi antara BPS dengan pemerintah Kota Pekalongan.  Tujuan pelaksananan selain pembinaan statistik adalah meningkatkan kolaborasi dalam perwujudan SDI dan juga meningkatkan partisipasi dalam pelaporan metadata statistik,  penerapan standar data statistik dalam data sektoral, dan penerapan perubahan mekanisme konfirmasi dalam rekomendasi statistik.

FGD diikuti sejumlah 50 peserta yang berasal dari OPD, BPS, dan instansi vertikal serta pemateri dari BPS Kota Pekalongan dan DInas Kominfo Kota Pekalongan. Penyampaian materi disertai dengan pelaksanaan praktek pengisian sederhana. Materi pertama terkait penjelasan SDS dan Metadata disampaikan oleh Nur Saidah dengan praktek pengisian identifikasi kebutuhan data. Materi kedua dijelaskan oleh Nurchadirin dari Dinas Komunikasi dan Informatika mengenai Mekanisme Pelaporan dan Pemeriksaan Metadata Statistik. Yang terakhir materi ketiga disampaikan oleh Avia Dwi Santi dari BPS mengenai Rekomendasi Statistik.

Pertemuan FGD diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan komitmen pengelola data dari setiap OPD agar menerapkan SDS dalam proses bisnis dari kegiatan statistik yang dilakukan sehingga data yang dihasilkan sesuai standar, lebih berkualitas, dan dapat dibagipakaian antar instansi baik pusat maupun daerah. Langkah tindak lanjut FGD direncanakan ada kegiatan pendampingan kepada OPD dan instansi di Kota Pekalongan.

 OPD yang diundangkan: BPN, Sekretaris DPRD, Inspektur Daerah, BPKAD, BKPSDM, Bappeda, DisPen, DinKes, DPU, DinPerKam, Satpol PP, Kesbangpol, BPBD, Dinsos, Dinpernaker, DMPPA, Dinperpa, DLH, Dindukcapil, DISHUB, Kominfo, DPKUKM, Dinas Penanaman, Dinas Pariwisata, Dinas Arsip, Dinas Kelautan, RSUD, Pemda, Hukum Setda, Bagian Organisasi, Bagian Kesra Setda, Perekonomian, PBJ Setda, Kompim, Umum Setda, Sekda, BPS.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan (Statistics of Pekalongan Municipality)Jl. Singosari Kota Pekalongan 51111

Telp (0285) 423504 Faks (0285) 4420122

Mailbox : bps3375@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik