Pelatihan Survei Khusus Tahunan Neraca Pengeluaran - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Pekalongan waktu layanan Senin - Jum'at (sesuai hari kerja) : 08.00 - 15.30 WIB || Sistem Layanan WhatsApp BPS Kota Pekalongan (SYAWALAN) 082325817577

Pelatihan Survei Khusus Tahunan Neraca Pengeluaran

Pelatihan Survei Khusus Tahunan Neraca Pengeluaran

3 Juli 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan menyajikan data pertumbuhan ekonomi melalui penghitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) baik menurut lapangan usaha maupun menurut pengeluaran. Dalam penghitungan PDRB, sumber data menjadi hal yang sangat penting. Ketersediaan data yang berkualitas menjadi kunci dalam penghitungan PDRB.

Pada tanggal 3 dan 4 Juli 2023 BPS Kota Pekalongan melaksanakan pelatihan Survei Khusus Tahunan Neraca Pengeluaran. Pelatihan Survei Khusus Tahunan Neraca Pengeluaran dilaksanakan untuk melatih petugas yang nantinya akan mendata berbagai survei yang nantinya akan menjadi sumber data dalam penghitungan PDRB Pengeluaran. Untuk menjamin kualitas data yang dikumpulkan, konsep dan definisi disampaikan kepada petugas dalam pelatihan sebelum melaksanakan pendataan lapangan. Kualitas data perlu dikawal mulai dari persiapan pencacahan hingga pengolahan sebelum akhirnya akan dilakukan analisis lebih lanjut dan dimanfaatkan kembali sebagai sumber data penghitungan PDRB Pengeluaran.

Pelatihan dilaksanakan di aula BPS Kota Pekalongan dengan melatih 4 calon petugas pencacahan dan 2 calon petugas pemeriksa. Dengan adanya pelatihan sebelum pelaksanaan lapangan, diharapkan petugas akan menguasai konsep definisi sehingga dapat melakukan pendataan dengan baik dan menghasilkan data yang berkualitas. Data yang berkualitas dapat menjadi alat evaluasi maupun sebagai sumber data yang dapat digunakan sebagai dasar pembangunan yang baik.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan (Statistics of Pekalongan Municipality)Jl. Singosari Kota Pekalongan 51111

Telp (0285) 423504 Faks (0285) 4420122

Mailbox : bps3375@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik