Pelatihan Petugas Survei Harga Produsen (SHP) - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Pekalongan waktu layanan Senin - Jum'at (sesuai hari kerja) : 08.00 - 15.30 WIB || Sistem Layanan WhatsApp BPS Kota Pekalongan (SYAWALAN) 082325817577

Pelatihan Petugas Survei Harga Produsen (SHP)

Pelatihan Petugas Survei Harga Produsen (SHP)

11 Januari 2024 | Kegiatan Statistik


Pada 10-11 Januari 2024 BPS Kota Pekalongan telah melaksanakan Pelatihan Petugas untuk Kegiatan Survei Harga Produsen (SHP).
Kegiatan ini diikuti oleh 4 orang calon petugas yang nantinya akan mengerjakan pencacahan dan pengawasan SHP.  Terdapat 2 orang pencacah dan 2 pengawas/pemeriksa dalam kegiatan yang dilaksanakan rutin secara bulanan ini. 

Survei Harga Produsen (SHP) bertujuan untuk memperoleh data harga produsen yang lengkap dan berkesinambungan untuk penghitungan Indeks Harga Produsen. 

Indeks Harga Produsen adalah ukuran perubahan harga yang diterima oleh produsen barang dan jasa di dalam negeri untuk mengetahui perkembangan harga antar waktu dengan skala Nasional.

Karena harga produsen merupakan price leader dari level harga lainnya sehingga diperlukan monitoring perkembangannya sebagai early warning system bagi pengusaha. Indeks Harga Produsen dapat digunakan sebagai alat analisis pengusaha dalam menentukan margin dari hasil perubahan harga akibat dari bergejolaknya harga di lapangan. IHP dapat dimanfaatkan oleh peneliti untuk membuat kajian mengenai kekuatan ekonomi dari suatu negara.

Di Kota Pekalongan sasaran survei harga produsen antara lain adalah perorangan/perusahaan yang menjadi produsen pada sektor pertanian, sektor industri pengolahan dan sektor jasa pendidikan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan (Statistics of Pekalongan Municipality)Jl. Singosari Kota Pekalongan 51111

Telp (0285) 423504 Faks (0285) 4420122

Mailbox : bps3375@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik